Kamis, 29 Maret 2012

PRAKTIKAN SMK-GU

LAPORAN AKHIR
BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
PRAKERIN merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan kegiatan  pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan duni industri  agar dapat menuangkan langsung segala keahlian yang diperoleh dengan melakukan praktek kerja berdasarkan keahlian yang dimiliki. Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja secara mandiri.
Mata pelajarannya yang diberikan lebih khusus dan disesuaikan dalam bidang keahlian pada jurusannya masing-masing, sehingga para siswa tidak hanya melakukan pembelajaran disekolah tetapi bisa diluar sekolah.
Tujuan penulis melaksanakan PRAKERIN di UPTD SKB Sumedang, karena sudah terdapat sistem komputerisasinya, oleh karna itu penulis memilih praktek kerja SKB sesuai dengan bidang keahlian yang penulis pelajari.
Harapan utama penulis dari kegiatan PRAKERIN ini yaitu untuk mempraktekan kompetensi yang telah dipelajari di sekolah, memungkinkan siswa tidak hanya menguasai hal-hal yang berkaitan denagn teorinya saja, tetapi siswa mampu mempraktekannya sehingga siswa memiliki kemampuan bekerja yang baik, rajin dan disiplin. Sehingga mempunyai pengalaman kerja sebagai bekal nanti di dunia kerja yang sesungguhnya.

1.2 Tujuan
1.2.1  Tujuan pelaksanaan prakerin
   Adapun tujuan-tujuan pelaksanaan prakerin ini, diantaranya : 
a)   Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia kerja yang sesungguhnya
b)   Memliki tingkat kompetensi standar sesuai yang dipersyaratkan oleh dunia kerja
c)   Menjadi tenaga kerja yan berwawasan mutu, ekonomi, bisnis kewirausahawan dan produktif
d)  Dapat menyerap perkrmbanga teknologi dan budaya kerja untuk  kepentingan pengembangan dirinya.
1.2.2 Tujuan pembuatan laporan
                              Adapun tujuan dari pembuatan laporan ini diantarana :
a)   Sebagai salah satu bentuk latihan dalam menghadapi Uji    Kompetensi pada akhir proses pembelajaran
b)   Sebagai salah satu tugas yang disyaratkan untuk menyelesaikan tugas sekolah
c)   Melaporkan hasil kegiatan Praktek Kerja Industri saama 3 bulan
d)  Menjadikan barang bukti secara tertulis dalam bentuk laporan  




1.3  Waktu Pelaksanaan
    1.3.1 Waktu Pelaksanaan Prakerin
         Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan penulis di UPTD SKB Sumedang yang berlokasi di jl. Raya Tanjungsari km 18 Sumedang 45362; Tlp.022-7911140 SMS/CP 022-92638073 dan dilaksanakan sejak tanggal 2 Januari sampai dengan 30 Maret 2012
Waktu pelaksanaan praktek kerja adalah:
HARI
MASUK
ISTIRAHAT
PULANG
Senin
07.45
12.00-13.00
14.00
Selasa – Kamis
08.00
12.00-13.00
14.00
Jum’at
08.00
11.00-13.00
14.00

1.3.2 Waktu Penyusunan Pembuatan Laporan
          Penyusunan lapran ini dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2012.



BAB III
LAPORAN KEGIATAN

3.1 URAIAN KEGIATAN SISWA
    
        3.1.1 KEGIATAN BULAN JANUARI – FEBUARI
02 - 06 januari 2012
Perpustakaan / Ruang
1. Pengenalan lingkungan perusahaan

SIM PNFI
2. Merpihkan rung SIM dan perpustakaan


3. Print out data pemijaman buku perpustakaan


4. Mencoba harddiskke ke komputer lain


5. Mensetting bios PC


6. Scan virus PC di SIM


7. Input data dan prit
09 - 13 Januari 2012
Perpustakaan / Ruang SIM SKB
1. Merapihkan buku TBM

TU
2. Pembukuan

Perpustakaan / Ruang SIM SKB
3. Mengisi serbuk printer

Aula
4. Memasang sound sytem dan infocus

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C
16-20 januari 2012
TU
1. Memasangkan printer

Kesetaraan
2. Input daftar nilai siswa

Lab Komputer
3. Merapihkn jalur kabel jringan

Lab Komputer
4. Mengecek trobleshooting pada PC

Kesetaraan
5. Membersihkan printer
23 - 27 januari 2012
TU
1. Pembukuan (input data)

Dikmas
2. Memasukan daftar nilai siswa paket B/C

Lab Komputer
3. Merapihkan kabel jaringan

Lab Komputer
4. Meng-instal Ms Office

Lab Komputer
5. Peng- instalan ulang PC
30 - 03 Febuari 2012
Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
1. Pemasangan instalasi listrik

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2. Input data PNFI

Perpustakaan / Ruang SIM SKB
3. Membuat tabel daftar nilai siswa paket B/C

Dikmas
4 Mengecek trobleshooting pada komputer

TU
5. Input data dan print
06 - 10 Febuari 2012
Perpustakaan / Ruang SIM SKB
1. Membersihkan CPU

Lab Komputer
2. Mengscan virus

Perpustakaan /Ruang SIM SKB
3. Mengprint data (output data)

Perpustakaan / Ruang SIM SKB
4. Input data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
5. Print out data
13 - 17 Febuari 2012
Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
1. Input Output data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2. Back up data

TU
3. Pembukuan (input data)

Aula
4. Mengikuti acara maulid nabi

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C
20 -24 Febuari 2012
Lab Komputer
1. Input / Back up data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2.Input / Back up data Padati Web

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
3. Input / Back up data NUPTK

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
4. Input / Back up data PNFI

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C

1.1.2        KEGIATAN BULAN MARET
27 - 02 Maret 2012
Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
1. Input data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2. Mengetik surat + Print

TU
3. Input  Output data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
4. Membut tabel daftar KOBER

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C
05 - 09 Maret 2012
TU
1. Membetulkan printer

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2. Scand virus komputer SIM

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
3. Input Output data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
4. Print data

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C
12 - 16 Maret 2012
TU
1. Input Output data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2.Back up data PNFI

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
3. Copy data dari SIM PNFI

TU
4. Scan virus

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C
17-24 Maret 2012
Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
1. Input data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2. Mengetik surat + Print

TU
3. Input  Output data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
4. Membut tabel daftar KOBER

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C
25-30 Maret 2012
TU
1. Membetulkan printer

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2. Scand virus komputer SIM

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
3. Input Output data

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C

TU
1. Input Output data

Perpustakaan/ Ruang SIM SKB
2.Back up data PNFI

TU
4. Scan virus

Lab Komputer
5. Membimbing siswa siswi paket B/C

1.2        PERMASALAHAN
Adapun permasalahan-permasalahan yang dihadapi pada saat melaksanakan PRAKERIN, diantaranya:
1.      Sistem komputerisasi yang kurang memadai
a.       Kurangnya jumlah printer di tiap-tiap bagian
b.      Jumlah PC yang terbatas
2.      Tidak seimbangnya antara pemakaian dengan perawatan komputer
a.       Komputer yang terinfeksi oleh Virus
b.      Seringnya menghubungkan flashdisk yang terinfeksi virus
c.       Kebersihan PC yang kurang diperhatikan, sehingga dapat meruksak komponen-komponen yang terdapat pada PC
3.      Pemasangan kabel jaringan yang kurang baik
a.       Kabel jaringan di dalan setiap ruangan yang tidak tersusun rapih
b.      Jalur kabel jaringan yang tepat
4.      Kinerja komputer yang kurang maksimal
a.       Komputer lambat jika sedang digunakan
b.      Komputer yang sering nge-hank

1.3        PEMECAHAN MASALAH
1)      a. Menambahkan unit-unit printer di tiap bagian
b.Menyediakan PC di tiap ruangan
2)      a.Rutin meng-scan komputer
b.Kurangi penggunaan flashdisk ke komputer
                        c.Rutin membersihkan CPU dari debu
3)      a.Merapihkan kabel-kabel yang tidak tersusun rapih, terutama                     didalam ruangan
b.Mindahkan jalur kabel jaringan dengan cara memasukan kabel kedalam pipa dan menanamnya
4)      a.Melakukan scan virus dan menghapus beberapa aplikasi
b.Melakukan install ulang PC.
















           BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1      Kesimpulan
Untuk mengakhiri laporan ini, kami berpendapat bahwa Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kegiatan yang harus di ikuti oleh setiap siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPGU Sumedang untuk program PRAKERIN. Karena kegiatan PRAKERIN dapat membandingkan antara teori dan aplikasi di lapangan, sehingga akan muncul pengalaman baru yang dapat menambah wawasan para siswa – siswi di samping penguatan mental dan keberanian.
Akhir dari seluruh rangkaian laporan ini, maka kami menyimpulkan sebagai berikut:
a.       Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sumedang ini adalah sebagai pusat pelayanan dan pusat data informasi PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) kabupaten Sumedang.
b.      Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) bertujuan untuk menyelenggarakan program PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) yang bermutu.
c.       Pengalaman praktek sangat bermanfaat untuk keseimbangan antara teori yang didapat di bangku sekolah dengan pengalaman nyata yang terjadi sesungguhnya di lapangan.
d.      Praktikan di lapangan bagi siswa mempunyai dampak yang tidak kecil karena sebagai upaya menambah pengetahuan dan keterampilan.
e.       Melihat dari laporan secara berkala, praktikan - praktikan yang telah dilakukan di lapangan sebagian kecil belum pernah dipraktikan di sekolah.

4.2        Saran

4.2.1           Sekolah
Saran kami untuk sekolah SMK YPGU Sumedang :
a.    Untuk lebih mendominasikan praktek  yang sesuai dengan kejuruan terutama jurusan Tekhnik Komputer Jaringan ( TKJ ).
b.   Pihak sekolah harus memiliki hubungan luas dengan pihak industri sehinggga mempermudah siswa dalam melaksanakan PRAKERIN.
c.    Memberikan waktu luang kepada siswa yang melaksanakan prkerin untuk membereskan tugas-tugas yang diberikan dari sekolah.

4.2.2           Perusahaan / SKB Sumedang
Saran kami untuk Perusahaan / SKB ( Sanggar Kegiatan Belajar ) :
a.    Untuk dapat memberikan pekerjaan yang bermanfaat bagi siswa PRAKERIN, sehingga menambah kualitas kerja.
b.   Untuk labih mempertahankan dan menjalankan kedisiplinan bagi siswa PRAKERIN.
            c.Menambahkan pasilitas pada tiap bagian/ruangan.




BAB II
GAMBARAN UMUM

2.1 Sejarah UPTD SKB Sumedang
          Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sumedang awal berdirinya dari Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat (PLPM) sejak diresmikannya tanggal 12 Desember 1962 oleh Bpk. Tartib Prawirodiharjo Kepala Djawatan Pendidikan Masyarakat Dept. P.D. dan K RI Berdasarkan SK Mendikbud RI No. 043/0/1978 tanggal 2 juni 1978, menjadi SKB Tanjungsari Kab. Sumedang sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga (DIKLUSEPORA) Dept P dan K. Berdasarkan SKN Mendikbud RI No.023/01007 menjadi SKB Sumedang,
        Pada era Otonomi Daerah  Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) berubah nama menjadi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Sanggar Kegiatan Belajar (UPTD SKB) Dinas Kabupaten Sumedang, melalui Perda No. 11 tahun 2001 tentang stuktur organisasi tata kerja perangkat daerah. Pada tahun 2008 terjadi penyempurnaan stuktur organisasi perangkat daerah melalui Perda No.08 tahun 2008.
                Kab,Sumedang menggarap wilayah kerja Kecamatan binaan umum dan khusus. Dan berdasarkan SK Bupati Sumedang No.032/2001,menjadi Unit Pelaksana Teknis Dinas SKB Sumedang hingga saat ini.
          UPTD SKB kabupaten sumedang terletak di jalan raya Tanjungsari km 18 dari batas kota kabupaten Bandung (pintu tol Cileunyi). Tanjungsari termasuk daerah kawasan pendidikan berbatasan dengan kecamatan Jatinangor dimana terdapat perguruan tinggi negri yaitu UNPAD & IPDN ditambah juga berdirinya PTS IKOPIN,& UNWIM. Suasana alam yang segar karena ada di derah perbukitan gunung manglayang yang suhu rata – rata nya berkisar 17,20-23,6 derajat celcius dan curah hujan berkisar 20,4 mm dan berada  puncaknya antara Bandung & Sumedangpada ktinggia kurang lebih 700 m dari permukaan laut.

Profil UPTD SKB Sumedang
1.   Nama Lembaga               : UPTD Sanggar Kegiatan Belajar SKB Sumedang.
2.   Alamat Lengkap              : Jl. Raya Tanjungsari KM.18 Tanjungsari Sumedang.
3.   No. Telp / HP                   : (022) 7911140 – 7911278,  Fax (022) 7911140.
4.    Nama Kepala                   : Drs. M. Usep Sudrajat, M.Si.
5.   Nama Bank                      : BRI Cabang Tanjungsari – BRITAMA.
6.    Nomor Rekening Bank    : 3454 – 01 – 000077 – 50 – 2.
7.   Pemegang Rek. Bank       : 1. Drs. M. Usep Sudrajat, M.Si.(Kepala).
                           2.  Elin Sumarlinah (Bendahara).
8.    N P W P                           : 00 . 014 . 568 . 0 . 424 . 000.

2.2  Tugas Pokok Dan Fungsi UPTD SKB Sumedang
2.2.1 Tugas Pokok UPTD SKB
1.   Sebagai pusat pelayanan PNFI di Kab Sumedang.
2.   Sebagai pusat percontohan program PNFI.
3.   Sebagai pusat data dan informasi PNFI.
2.2.2 Fungsi UPTD SKB
1.   Penyusunan rencana,program, penyusunan pengembangan kurikulum dan kerjasama pelatihan di bidang pembuatan percontohan
2.   Pembangkit dan penumbuh kemampuan belajar masyarakat dalam rangka      terciptanya  masyarakat gemar belajar
3.      Pembuatan percontohan berbagai program dan pengendalian mutu pelaksanaan program PLS
4.      Penyusunan danpengadaan sarana belajar muatan lokal program pendidikan luar sekolah
5.      Melaksanakan ujicoba dan pengembangan model PLS

2.1  Visi dan Misi Perusahaan
2.2.1 Visi UPTD SKB Sumedang
       Terwujudnya UPTD SKB Sumedang sebagai pusat pelayanan, percontohan dan pusat data informasi PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal)  Kabupaten Sumedang  Tahun 2014.
2.2.2 Misi UPTD SKB Sumedang
a.       Perluasan akses layanan PNFI (Pendidikan Non Formal dan     Informal)  yang bermutu.
b.      Peningkatan mutu penyelenggaraan PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) menuju pusat percontohan.
c.       Pengolahan data dan informasi menuju data centre PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) tingkat kabupaten
d.      Menjalin kemitraan.

2 komentar: