Selasa, 31 Mei 2011

paud terpencil skb sumedang

video
Paud al-Fajri, Dusun Cisadap Desa Sukajadi Kec. Wado Kab. Sumedang terletak di daerah pegunungan yang berbatasan dengan Kab. Majalengka. Dari pusat kota Sumedang menuju arah Wado 28 km, terus menuju Desa Suka jadi mengikuti arah Malangbong sejauh 3 km, Belok kiri naik dan ber belok-belok. Sebelum Balai desa Sukajadi ada jalan ojeg 2 jalur tidak ber aspal (beton) sejauh 2 km. ada rumah pengrajin gula. masuk gang, sawah, kebun (tidak masuk ojeg) ada rumah kosong disamping kolam dengan ciri APE Luar..
Cisadap adalah suatu dusun yang terpencil di pebukitan  merupakan daerah penghasil gula aren/merah hasil sadapan pohon aren. Menurut seorang kakek yang beristri masih muda nampak sedang melinting daun kawung, menceritakan pengalamannya.
Ketika masih beristrikan yang pertama ( sekarang sudah meninggal) waktu itu istrinya berkain karung goni, dengan rutin membuat gula hasil sadapannya. Ketika berhasil dari kebun ketelanya baru membelikan sehelai kain yang dibanggakan istrinya. Kehidupan di cisadap ketika belum aman sering mengungsi ke Kota kecamatan sejauh 5 km karena sering diganggu oleh DI ujarnya,

2 komentar: