Minggu, 14 Februari 2010

Pengaruh Membaca terhadap Perkembangan Kesehatan Mental

Banyak orang yang tampak bahagia, gembira dalam hidupnya sebaliknya ada orang yang selalu murung, gelisah, penuh kekhawatiran, ini memang suatu kenyataan yang perlu kita sikapi, dan kalau bisa kita hindari. Namun ada hal yang perlu kita ketahui yaitu orang yang hidupnya selalu murung dan cemas, tanda orang yang tidak pandai mengatur hidupnya sendiri, lebih mengedapankan perasaan dari pada logika.
Hidup ini harus diisi dengan berbagai selingan yangbersifat positif, sehingga bisa menjalani hidup ini dengan berbagai variasi dan keceriaan. Perlu kita ketahui sesungguhnya selingan itu sangat dibutuhkan dalamm menjalani hidup ini dalan salah satu selingan yang mempuyai sejuta arti dan punya manfaat luar biasa dalam hidup ini tidak ada lain adalah “membaca” tentunya juga bacaan yang dapat diambil manfaatnya. Karena dengan membaca dapat meringankan beban seseorang dan gejala-gejala gangguan mental.
Dipantau secara psikologis para ahli mendefinisikan antara lain, kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem yang biasa terjadi, serta dapat  merasakan secara positif kebahagiaan kemampuan dirinya. Selain itu, orang yang sehat mentalnya pasti dia sanggup menghadapi apapun dan cepat beradaptasi dengan lingkungannya.
Untuk menjaga agar mental tetapkokoh dan stabil mari kita jadikan membaca itu sebagai kebiasaan dan kebutuhan primer yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Langkah tepat agar kita bisa bertahan hidup di alam kemajuan, kita mampu membaca setiap perubahan yang terjadi, baik bacaan yang bersifat ma’nafiah, dan harfiah, membaca buku-buku yang sesuai dengan derap kemajuan zaman. Karena ketinggalan dan keterbelakangan akan berakibat fatal terhadap mentalitas seseorang sebab dia akan terjepit di seluruh sektor kehidupan.
Dengan membaca buku, hakekatnya merupakan proses aktivitas manusia dalam rangka merubah serta menginofasi kadar intelektual dan tingkah laku seseorang menuju perkembangan yang lebih mapan. Membaca dapat menjadi terapi mental yang mujarab, membaca dapat menyelamatkan keguncangan mental.
Rajin membaca kita jadi tahu banyak hal. Tepatnya manifestasi membaca adalah meningkatnya dan berubahnya intelektual seseorang menuju peningkatan  daya fikir menjadi maju dan modern. Manfaat lain membaca seseorang akan cepat tanggap untuk mampu menyesuaikan dirinya dengan orang lain dan dengan alam, yang kerapkali berubah dalam setiap datang waktu. Dari uraian diatas bahwa membaca banyak sekali manfaatnya salah satunya membaca mampu mengembalikan gangguan kesehatan mental seseorang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar